Jumat, 22 November 2013

MAKALAH PSIKOLOGI DAKWAH


Powerfull Komunikasi
A.    Pengertian
Menurut KBBI, kata proses adalah runtutan perubahan, (peristiwa) perkembangan sesuatu[1]. Sedangkan psikologi berasal dari bahasa yunani psyhce berarti “jiwa” dan logos berarti “ilmu”[2]. Psikologi juga dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tingkah da’a, yad’u, da’wan laku lahiriyah manusia dengan menggunakan metode observatif secara obyektif, seperti terhadap rangsang (stimulus) dan jawaban (respon) yang menimbulkan tingkah laku.[3]sedangkan kata dakwah sendiri berasal dari Bahasa Arab, yang berarti mengajak, memanggil, menyeru, permohonan dan permintaan.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa
proses psikologi penerimaan dakwah adalah suatu peristiwa atau aktifitas komunikasi dimana dai menyampaikan pesan kepada madu, dan madu menerima pesan itu, mengolahnya dan kemudian meresponya dalam bentuk tingkah laku. Adapun proses komunikasi (penyampaian dan penerimaan) pesan dakwah dapat dijelaskan melalui tahap-tahap, yaitu:
1.      Penerimaan stimulus informasi
2.      Pengolahan informasi
3.      Penyampaian informasi
4.      Menghasilkan kembali suatu informasi
Proses bagaimana mad’u menerima informasi, mengolahnya, menyimpan dan menghasilkan informasi, dalam psikologi komunikasi disebut sebagai sistem komunikasi intra personal. Proses ini meliputi sensasi, persepsi, memori dan berfikir.
B.     Powerfull Komunikaasi
Komunikasi yang efektif harus berproses timbal balik. Agar saluran komunikasi tetap terbuka bagi kedua belah pihak, maka keduanya harus bekerja sama. Karena tujuan komunikasi adalahmenyediakan saluran-saluran bagi pengiriman pesan yang mencakup kedua belah pihak. Adapun komunikasi yanh efektif harus mencakup 5 hal (De Vito, 1995) yaitu:
1.      Oppenes
2.      Empati
3.      Supportifitas
4.      Positif
5.      Kesamaan
C.    Tipe-tipe Komunikasi
Ada beberapa tipe komunikaasi yaitu dilihat dari:
1.      Penyampaian pesan (lisan, tulisan dan elektronik)
2.      Kemasan pesan (verbal dan non verbal)
3.      Keresmian pesan (formal dan nonformal)
4.      Pasangan komunikasi 9intra personal dan antar personal
D.    Tips-tips Membangun Komunikasi
Ada beberapa tips untuk membangun dan menciptakan komunikasi agar efektif diantaranya;
1.      Pelajari mitra bahasa, bahasa yang kita gunakan harus disesuaikan dengan audiens
2.      Pelajari tujuan, tujuan komunikasi yang kita lakukan akan sangat menentukan keberhasilan berdakwah
3.      Perhatikan konteks, konteks disini berarti kondisi atau lingkungan pada saat berkomunikasi
4.      Pelajari kultur masyarakat setempat
5.      Pahami bahasa, bahasa merupakan instrumen penting dalam menjalin komunikasai



[1] Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional, Balai Pustaka, Jakarta, 2007, hal 899
[2] Gerungan, Psikologi  Sosial, Refika Aditama, Bandung, 2004, hal 1
[3] Achmad Mubarok, Psikologi Dakwah, Pustaka Firdaus, Jakarta, 1997, hal 17

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar