Rabu, 11 Desember 2013

KEBUTUHAN MANUSIA


KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
Oleh: Kholifatus Saadah
A.    Pengertian kebutuhan dasar
Kebutuhan berasal dari kata dasar “butuh” yang mendapat imbuhan ke-an. Kebutuhan disini diartikan sebagai sesuatu yang sangat diinginkan, sangat perlu menggunakan. Sedangkan kata “dasar” mempunyai arti bagian yang terbawah.
Dari pengertian diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa kebutuhan dasar adalah suatu hal pokok dan penting yang sangat diperlukan demi berlangsungnya suatu kehidupan. Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen. Setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama, akan tetapi karena budaya, maka kebutuhan tersebutpun ikut berbeda. Dalam memenuhi kebutuhan, manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada. Lalu jika gagal memenuhi kebutuhannya, maka manusia akan berpikir lebih keras dan bersegera untuk berusaha mendapatkannya.
Menurut Abraham Maslow, suatu kebutuhan dinamakan “ kebutuhan dasar “ jika memenuhi syarat berikut: 
1.    Apabila hal yang dibutuhkan itu tidak ada atau tidak terpenuhi, maka akan timbul penyakit atau gangguan pada dirinya (psikologis).
2.    Apabila yang dibutuhkan itu ada atau ada atau terpenuhi, maka dapat mencegah terjadinya penyakit.
3.    Apabila seseorang mampu mengendalikan terpenuhinya kebutuhan tersebut, maka dapat menyembuhkan penyakit dan menghilangkan timbulnya gangguan pada dirinya.
4.    Dalam beberapa situasi tertentu yang kompleks, kebutuhan ini lebih di pilih atau  lebih penting oleh orang yang berada dalam keadaan kekurangan dibanding dengan kebutuhan yang lain.
5.    Kebutuhan ini tidak terlalu aktif atau menonjol secara faungsional pada kondisi normal. akan tetapi dan akan berdampak buruk bagi organ organ lain jika tidak terpenuhi.
Kebutuhan dasar manusia secara umum dibagi kedalam dua bagian yaitu:
1.      Kebutuhan Jasmani/Al- Hajat al-Uduwiyah
Tubuh manusia terdiri dari berbagai susunan sel yang jumlahnya dua ratus milyar lebih. Setiap sel terdiri dari dinding sel untuk menyimpan materi sejenis selai atau agar-agar yaitu sitoplasma yang ditengahya mengandung inti. Inti tersusun dari kromosom/ pembawa sifat keturunan yang berjumlah kuang lebih 46 kromosom, kecuali pada sperma laki-laki dan sel telur perempuan yang hanya terdiri dari 23 kromosom.
Struktur tubuh manusia setiap individu tidak berbeda dari struktur organ dan fungsinya. Walaupun berbeda warna, besar atau penampakanya, semuanya mempunyai jantung, perut, tangan dan organ tubuh lainya. Semuanya membutuhkan nutrisi, air, udara, tidur dan bergerak.
Kenyataan bahwa setiap tubuh manusia memerlukan hal-hal tertentu adalah khasiat yang telah diberikan Allah kepada manusia. Inilah yang disebut dengan keperluan jasmaniah. Keperluan jasmaniah ini merupakan pemenuhan. maka untuk memenuhi keperluan ini, manusia memerlukan keadaan, zat-zat dan aktivitas tertentu.  Keadaan yang dibutuhkan oleh manusia antara lain istirahat, tidur dan suhu udara tertentu. Sedangkan benda yang diperlukan antara lain makanan, minuman, dan oksigen. Dan aktivitas yang dilakukan adalah makan, bernafas, istirahat, membuang kotoran,metabolisme dan sebagainya. Semua ini dibutuhkan manusia dalam rangka mempertahankan hidupnya.
2.      Kebutuhan Rohani
Kebutuhan rohani adalah suatu kebutuhan yang diperlukan oleh jiwa manusia. Kebutuhan rohani ini meliputi:
a.  Kebutuhan untuk mempertahankan diri
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Qaaf: 19
4 ôNuä!%y`ur äotõ3y ÏNöqyJø9$# Èd,ptø:$$Î/ ( y7Ï9ºsŒ $tB |MYä. çm÷ZÏB ßÏtrB ÇÊÒÈ  
       Artinya:” Dan datanglah sakratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kalian selalu lari darinya.”
b.    Kebutuhan untuk melestarikan keturunan
c.    Kebutuhan untuk beragama

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar